Memperingati World Disability Day 2019

World Disability Day atau lebih dikenal dengan Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap tanggal 3 Desember setiap tahunnya. Hari Disabilitas Internasional dicanangkan oleh Program Dunia Aksi untuk Penyandang Disabilitas yang dideklarasikan oleh Majelis Umum PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) tepatnya pada tahun 1982. Hari Disabilitas Internasional diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai isu sosial yang berkembang mengenai kecacatan, serta hak-hak yang harus diterima oleh para disabilitas dalam setiap aspek kehidupan, terlebih status sosial dan budaya dalam kehidupan bermasyarakat.

Sekitar 15% orang di seluruh dunia merupakan penyandang disabilitas (WHO). Banyak orang seringkali tidak menyadari bahwa para penyandang disabilitas memiliki tantangan tersendiri bagi kehidupan mereka. Dalam misinya, WHO menargetkan untuk meningkatkan kualitas hidup para penyandang disabilitas. Tentunya dengan meningkatkan kesadaran masyarakat dunia melalui pemerintahan setiap negara tentang hak hidup para penyandang disabilitas yang sama besarnya dengan orang-orang biasa pada umumnya.

Hari Disabilitas Internasional juga dicanangkan oleh Majelis Umum PBB sebagai salah satu apresiasi dan penghargaan besar bagi para penyandang disabilitas yang memiliki jasa serta peran penting juga kemampuan mereka yang luar biasa besar di kegiatan mereka sehari-hari. Secara umum, penyandang disabilitas tidak mampu melakukan seluruh atau sebagian aktifitas normal dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang memiliki kelainan tubuh maupun mental, dapat dikategorikan sebagai golongan penyandang disabilitas.

Adanya diskriminasi bagi para penyandang disabilitas tentunya bukan merupakan sesuatu yang baik. Melalu peringatan Hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap tanggal 3 Desember, kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berkampanye STOP dan hapuskan segala bentuk diskriminasi terhadap penyandang disabilitas. Mereka adalah kita, mereka juga mampu, dan kita juga ada untuk mereka, dan mendukung hak-hak mereka.

Selamat Hari Disabilitas Internasional!

Ansell… For your better farming!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *