Siapa yang tak suka daging ayam?

Daging unggas yang satu ini sangat umum disantap dalam berbagai sajian, mulai dari sup, sate, pepes, atau panggang dan hidangan lainnya.

Juga menjadi makanan favorit banyak orang, apa saja kandungan gizi daging ayam? Daging ayam merupakan makanan yang bergizi tinggi. Secara umum, ayam mengandung beraneka nutrisi seperti berikut ini:

Protein Karbohidrat Lemak: lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda, dan lemak tak jenuh tunggal Kolesterol Vitamin A Vitamin B: vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin B12 Vitamin D Vitamin E Vitamin K Mineral: zinc, selenium, kalium, natrium, fosfor, tembaga, dan zat besi Walau kandungan ayam begitu mengesankan, kadar masing-masing nutrisi dapat berbeda tergantung pada bagian yang dikonsumsi. Nutrisi ayam juga bisa berubah karena cara pengolahannya.

Kandungan gizi daging ayam berdasarkan bagian yang dikonsumsi Seperti yang disampaikan di atas, kadar kandungan gizi daging ayam bisa berbeda tergantung dengan bagian yang kita konsumsi. Berikut rincian kandungan gizi daging ayam dalam setiap 84 gram dan dimasak dengan cara panggang:

  1. Paha ayam bagian atas (thigh) Jika dikonsumsi dengan memanggang, bagian paha atas ayam akan memberikan nutrisi sebanyak 210 kalori. Jumlah nutrisi lain dirincikan sebagai berikut: 21 gram protein 12 gram lemak total 3,5 gram lemak jenuh 70 miligram natrium (sodium)
  2. Paha ayam bagian bawah (drumstick) Sementara itu, untuk bagian paha ayam bagian bawah, kita akan mendapatkan kalori yang lebih sedikit, yakni 180. Untuk protein dan nutrisi lain, jumlahnya sebagai berikut: 23 gram protein 9 gram lemak total 2,5 gram lemak jenuh 75 miligram natrium
  3. Sayap ayam Sayap ayam dalam berat 84 gram memiliki energi yang lebih tinggi dibandingkan paha, yakni sebanyak 240 kalori. Untuk kandungan lainnya, jumlahnya berikut ini: 23 gram protein, 16 gram lemak total 4,5 gram lemak jenuh 70 miligram natrium
  4. Dada ayam Dada ayam merupakan bagian yang paling sehat. Bagian ini mengandung lebih banyak protein dibanding paha dan sayap. Pada jumlah yang sama, jumlah kalori dada ayam juga lebih rendah dibandingkan bagian lain, yakni 170. Tak heran, dada ayam menjadi makanan primadona untuk orang yang menjalankan diet atau yang tengah membentuk otot. Berikut ini jumlah kandungan protein, lemak, dan natrium dari dada ayam pada berat 84 gram: 25 gram protein 7 gram lemak total 2 gram lemak jenuh 60 miligram natrium

Selain memahami bagian-bagian ayam, cara kita mengolahnya juga bisa menambah kalori. Lantas, apa cara yang paling sehat dalam memasak unggas ini? Umumnya, memanggang atau merebus menjadi cara yang paling sehat untuk mendapatkan nutrisi daging ayam. Sementara itu, menggoreng atau menumis menggunakan mentega atau minyak akan menambah lemak dan kalori. Apabila kita melapisi ayam dengan tepung dan atau saos tertentu, kalorinya tentu juga akan bertambah. Dengan demikian, jika sedang menjalani diet penurunan berat badan, pastikan selalu bijak dalam penggunaan bahan tambahan dalam memasak daging ayam.

Sumber : Lifestyle Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *