Tahun baru Islam dalam penanggalan hijriyah adalah salah satu hari penting bagi umat Islam yang tentunya diperingati sebagai kedatangan tahun baru dalam penanggalan hijriyah. Tahun baru islam diawali dengan bulan Muharram, itulah mengapa istilah tahun baru Islam juga disebut dengan tahun baru Muharram. Tahun baru Islam adalah diawali dengan kepindahan nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke kota Madinah, karena pada saat itu di kota Mekkah terjadi ketegangan antara kaum muslimin dengan kaum lain. Hal tersebut juga dapat diistilahkan dengan kata Hijrah, dari sinilah kemudian tahun baru Islam juga dikenal dengan penanggalan Hijriyah (berasal dari kata Hijrah).

Dalam penanggalan hijriyah, Muharram adalah bulan pertama awalan tahun hijriyah sama halnya seperti Januari dalam penanggalan masehi. Amalan-amalan yang bisa dilakukan umat muslim di bulan Muharram sebagai salah satu sunnah yang dituntunkan oleh nabi Muhammad SAW antara lain adalah puasa Asyura yang dilakukan pada hari ke 10 bulan Muharram.

Resolusi dan Harapan di Tahun Baru 1442 Hijriyah

Sama halnya seperti tahun baru dalam penanggalan lainnya, haruslah ada resolusi yang dicapai untuk tahun baru yang akan datang, diantaranya adalah memperbanyak amalan sunnah dengan tidak meninggalkan amalan wajib, mempertebal keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, dengan mengerjakan semua kewajiban dan meninggalkan segala apa yang dilarang-Nya. Hal ini bertujuan untuk mengamalkan arti ‘hijrah’ sebagai sebuah sarana untuk pindah dari sesuatu yang buruk ke sesuatu yang baik.

Dalam ajaran Islam, amalan bulan Muharram juga memiliki banyak keutamaan. Diantaranya adalah Hari Asyura yang memiliki keutamaan yang sangat besar dan kedudukan yang sangat tinggi di sisi Allah. Sebab, di dalamnya terjadi berbagai kejadian bersejarah yang sangat penting dalam Islam. Dalam hadits nabi disebutkan bahwa : Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadlan adalah puasa di bulan Allah; yaitu Muharram. Sedangkan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam. Hadits ini selain menjelaskan keutamaan puasa sunnah di bulan Muharram yang rangking keutamannya berada satu tingkat di bawah puasa wajib di bulan Ramadhan.  Juga menekankan bahwa bulan Muharramlah, satu-satunya bulan  yang disebut  sebagai Syahrullah. Ini artinya bulan Muharram diistimewakan oleh Allah melebihi bulan lain. Maka segala amal kebaikan yang mengisi bulan ini, memiliki nilai istimewa pula, dan akan dibalas oleh Allah dengan pahala yang istimewa pula. Begitu pula sebaliknya, segala kedhaliman yang dikerjakan pada bulan ini niscaya balasannya akan dilipatgandakan.

Salah satu amalan di bulan Muharram yang dianjurkan itu adalah bertaubat. Taubat adalah proses kembali kepada Allah dari hal yang Dia benci secara lahir dan batin menuju kepada perkara yang Dia senangi. Karena pada dasarnya, Hijrah yang baik adalah Hijrah yang diiringi dengan taubat yang sesuai dengan filosofi “hijriyah” atau berpindah dari tempat yang buruk ke tempat yang lebih baik.

Ansell mengucapkan selamat menyambut tahun baru Hijriyah 1442H, semoga di tahun ini, seluruh keinginan dan doa-doa kita dijabah oleh Allah SWT, dan tahun ini menjadi berkah bagi seluruh keluarga Ansell, seluruh peternak dan seluruh masyarakat Indonesia.

Ansell, for your better faming~