POULTRYINDONESIA, Jakarta – Daya ingat diartikan sebagai kemampuan tubuh dalam mempertahankan informasi, mengambil informasi dan menggunakan informasi yang diterima dari berbagai macam stimulus. Hal itu dijelaskan oleh Goldstein dalam publikasinya berjudul Cognitive psychology: Connecting mind, research and everyday experience (2010). Daya ingat dapat dihasilkan dari tiga proses utama yakni memperoleh informasi, menyimpan informasi, dan mempertahankan informasi yang diperoleh. Beberapa riset telah mengungkapkan bahwa daya ingat dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, status hidrasi, latihan fisik, dan kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman.

Daging ayam pendukung fungsi daya ingat

Daging ayam yang diolah secara tepat menjadi salah satu sumber protein yang berkualitas bagi kesehatan manusia. Salah satu manfaatnya yakni daging ayam dinilai mampu mendukung fungsi daya ingat dan membantu mencegah kepikunan. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa daging ayam mengandung vitamin dan mineral yang terlibat dalam kesehatan otak.

Daya ingat atau memori dikenal sebagai kemampuan seseorang untuk mengingat sesuatu atau kejadian yang lampau. Kemampuan daya ingat dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk di dalamnya adalah dari makanan. Makanan yang dinilai mampu mendukung kemampuan daya ingat dan membantu mencegah kepikunan salah satunya yakni daging ayam.

 

Daging ayam yang mengandung vitamin B12 dan kolin dinilai dapat mendukung kerja sistem saraf dan membantu fungsi kognitif pada usia dewasa lanjut dan lansia. Vitamin B12 yang terkandung pada daging ayam merupakan vitamin larut air yang dibutuhkan sel-sel tubuh untuk mendukung fungsi sel secara optimal. Selain dibutuhkan pada pembentukan sel darah merah dan pembentukan DNA, vitamin B12 pada daging ayam juga diperlukan pada dukungan fungsi saraf.

Berbagai peneliti juga mengungkapkan adanya hubungan defisiensi atau kekurangan vitamin B12 dengan kejadian gangguan fungsi daya ingat telah banyak diobservasi oleh banyak peneliti. Rata-rata asupan vitamin B12 yang direkomendasikan untuk usia dewasa yang rata-rata mengalami penurunan kemampuan daya ingat yakni 2.4 mikrogram untuk laki-laki, 2.4 mikrogram untuk perempuan, 2.6 mikrogram untuk ibu hamil dan 2.8 mikrogram untuk ibu menyusui.

Data United States Department of Agriculture pada tahun 2019 menyatakan bahwa dalam 300 gram daging ayam mengandung 0.3 mikrogram vitamin B12. Oleh karena vitamin B12 mudah larut air baik saat persiapan sebelum pemasakan maupun selama pemasakan, pemilihan menu daging ayam juga penting agar fungsi vitamin B12 dapat dirasakan oleh tubuh setelah pemasakan.

Daging ayam juga mengandung kolin yang dinilai penting dalam mendukung fungsi daya ingat. Kolin merupakan senyawa yang serupa dengan vitamin B dan berperan dalam mendukung kemampuan daya ingat. Literature review yang dipublikasi pada National Institution of Health, kolin dibutuhkan tubuh manusia untuk melakukan berbagai fungsi metabolisme. Salah satu proses metabolisme yang didukung oleh kolin yakni produksi asetiklkolin. Asetilkolin merupakan neutransmitter yang penting bagi manusia dalam meningkatkan kemampuan daya ingat, kemampuan otak dan mengoptimalkan kerja sel saraf.

Kolin juga berperan penting dalam perkembangan otak awal. Institute of Medicine menyebutkan mengenai Adequate Intake (AI) atau asupan yang cukup dikonsumsi bagi individu berusia lebih dari 19 tahun yakni 550 mg/hari untuk laki-laki, 425 mg/hari untuk perempuan, 450 mg/hari untuk ibu hamil dan 550 mg/hari untuk ibu menyusui. Sejumlah 300 gram daging dada ayam mengandung 72 miligram kolin.

Manfaat daging ayam terhadap kemampuan daya ingat tidak sampai di situ saja. Gomez-Pinilla dalam Nature Reviews Neuroscience (2008) menyatakan bahwa daging ayam yang mengandung zat besi yang baik untuk kemampuan daya ingat. Zat besi diperlukan tubuh untuk membentuk hemoglobin. Hemoglobin berperan dalam membawa oksigen ke sel-sel tubuh termasuk sel otak. Cukupnya oksigen di dalam otak inilah yang secara tidak langsung dapat mengoptimalkan fungsi sel otak dalam mengolah informasi termasuk mempertahankan informasi dan mendukung pertahanan daya ingat.

 

Sumber : Poultry Indonesia. 26 Oktober 2020. “Konsumsi Daging Ayam Bantu Tingkatkan Daya Ingat”, https://www.poultryindonesia.com/konsumsi-daging-ayam-bantu-tingkatkan-daya-ingat/, diakses 30 Juni 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *