Memperingati Worlds AIDS Day 2019

Hari AIDS Sedunia jatuh pada setiap tanggal 1 di bulan Desember. Hari AIDS dicanangkan untuk memperingati dan membubuhkan kesadaran masyarakat akan wabah dari penyakit AIDS yang disebabkan oleh virus Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang menyebar ke tubuh penderita. Konsep pada hari peringatan AIDS Day ini digagas oleh pertemuan menteri kesehatan dari seluruh dunia mengenai program-program yang direncanakan untuk mencegah wabah ini terus menyebar. Hari AIDS sedunia pertama kali digagas pada tahun 1988, dan pertama kali dicetuskan oleh James W. Bunn dan Thomas Netter yang saat itu menjabar sebagai pejabat informasi masyarakat untuk program AIDS Global pada Agustus 1987.

Dalam dunia internasional, hari AIDS sedunia selalu menggunakan simbol pita merah sebagai simbol untuk perlawanan dan perang melawan virus HIV yang menyebabkan penyakit AIDS di seluruh dunia. HIV sendiri merupakan sebuah virus yang memperlemah kekebalan tubuh manusia. Oleh karena itu, orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan sakit karena kekebalan tubuh mereka menjadi lemah. Penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan, yang ada hanyalah obat-obatan untuk memperlambat laju perkembangan virus dan memperbaiki kekebalan tubuh. Sementara AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome merupakan nama dari penyakit yang diakibatkan virus ini.

HIV menular melalui kontak langsung antara lapisan kulit dalam, aliran darah, cairan tubuh yang mengandung virus HIV seperti darah, sperma, dan ASI. Penularan tersebut dapat terjadi melalui berbagai cara seperti hubungan seksual, transfusi darah yang tercemar HIV, jarum suntik yang terkontaminasi virus HIV, kelahiran bayi dan bayi yang menyusui dari air susu ibu yang terinfeksi virus HIV. Data tahun 2006, UNAIDS yang bekerja sama dengan WHO memperkirakan bahwa AIDS telah menyebabkan kematian lebih dari 25 juta orang di seluruh dunia. Dan penyakit ini merupakan salah satu wabah paling mematikan, dengan banyak diantara korbannya adalah anak-anak.

Dengan adanya peringatan hari AIDS sedunia, masyarakat diharapkan dapat memahami bagaimana penyakit menular ini tersebar, dan mencegah penularan penyakit ini, sekaligus mencegah penyakit AIDS mewabah kembali. Peringatan hari AIDS sedunia ini juga dapat diperingati dengan tidak mendiskriminasi para pengidap AIDS, dengan tetap menyebarkan kasih sayang terhadap sesama manusia.

Ansell mengucapkan, selamat memperingati hari AIDS sedunia, mari cegah bersama penularan virus HIV yang dapat menyebarkan penyakit AIDS. Ansell… For your better farming~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *