Setiap tanggal 15 Oktober masyarakat perunggasan Indonesia memperingati Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) yang mulai dicanangkan pada 2011 yang lalu oleh Menteri Pertanian Dr. Ir. Suswono dalam sebuah acara Festival  Ayam dan Telur di Senayan Jakarta yang diselenggarakan oleh 14 asosiasi peternakan bersama para pemangku  kepentingan. Selanjutnya mulai tahun 2013 Pinsar didukung oeh ASOHI (Asosiasi Obat Hewan Indonesia) dan  asosiasi lainnya di bidang perunggasan menginisasi roadshow HATN setiap tahun.

Dalam pelaksanaannya, hari ayam dan telur nasional dicanangkan sebagai peringatan akan kesadaran masyarakat untuk meningkatkan konsumsi telur dan ayam sebagai protein hewani untuk kesehatan, terlebih untuk mendukung kecerdasan dan intelegensi anak-anak. Dalam peringatan hari ayam dan telur nasional ini, biasanya diselenggarakan dengan kampanye sosial dan kampanye gizi untuk memberikan kesadaran masyarakat akan pentingnya protein hewani yang terkandung dalam ayam dan telur.

Dilansir melalui Tabloid Sinar Tani, bahwa pelaksanaan hari ayam dan telur nasional pada tahun 2020 sedikit berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Dikarenakan keterbatasan pandemic COVID-19, maka peringatan hari ayam dan telur nasional hanya sebatas daring (online) saja. Mungkin pelaksanaannya terbatas, namun semangat untuk memperingati hari ayam dan telur nasional ini masih tetap sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Dilengkapi dengan kegiatan webinar untuk mengedukasi masyarakat karena banyak berita hoax beredar mengenai ayam dan telur sehingga membuat orang kemudian malah menjadi enggan untuk mengonsumsi ayam dan telur, padahal kedua bahan tersebut merupakan sumber protein hewani.

Ansell mengucapkan selamat memperingati hari ayam dan telur nasional. Maju terus peternakan ayam dan telur Indonesia, semoga terus menjadi berkah untuk masyarakat Indonesia. Peternakan yang baik didukung pula oleh tools-tools peternakan yang baik. Ansell menyediakan tools-tools peternakan dengan system closed house, agar hasil daging dan telur yang dihasilkan dari peternakan ayam dan telur tetap berkualitas tinggi untuk dikonsumsi.

Ansell, for your better farming~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *