Memperingati Kenaikan Isa Almasih

Hari raya Kenaikan Isa Almasih adalah salah satu dari sekian banyak hari raya yang dimiliki Umat Kristiani. Kenaikan Isa Almasih selalu jatuh pada hari Kamis, hari ini merupakan hari dimana Umat Kristiani merayakan kenaikan Jesus Kristus ke surga seperti yang tertulis dalam Alkitab. Tradisi Kenaikan Isa Almasih juga diperingati oleh semua umat Kristen dan Katolik di Indonesia. Bagi penganut agama Kristen, peristiwa puncak dari acara ini adalah 40 hari setelah hari raya Paskah.

Rata-rata Umat Kristiani memperingati secara luas tradisi ini di Indonesia. Skala perayaan dari masing-masing umat dapat saja berbeda tergantung dari seberapa besar populasi masyarakat yang menganut agama Kristen di tempat tersebut. Salah satu cara dalam Umat Kristiani merayakan kenaikan Isa Almasih adalah dengan menghadiri acara Misa di Gereja Kristen dengan menyebarkan pesan positif untuk para Umatnya.

Sejarah Kenaikan Isa Almasih

Dalam Alkitab sendiri tertulis bahwasanya Yesus disalib dan kemudian wafat, lalu kemudian dibangkitkan kembali, barulah setelah 40 hari dibangkitkan, Yesus diangkat dan dinaikkan ke langit Surga. Selama hidupnya setelah dibangkitkan, Yesus Kristus berbicara kepada para pengikutnya tentang ajaran-ajaran yang diajarkan Allah.

Meskipun kebanyakan masyarakat Indonesia menganut ajaran Islam, Hari Raya Kenaikan Isa Almasih ditetapkan menjadi salah satu hari libur nasional, dan bagi mereka yang bukan penganut agama Kristen seringkali memanfaatkan hari libur ini untuk bersantai di rumah.

Perayaan Keagamaan Di Tengah Pandemi COVID-19

Sayangnya, hal-hal tersebut sementara tidak akan terlaksana dikarenakan wabah Covid-19 yang meningkat dari semenjak awal tahun 2020 lalu hingga saat ini. . Hal ini tertuang Keppres No.11 Tahun 2020 tentang Kedaruratan Kesehatan Masyakarat, salah satunya adalah dengan meniadakan kegiatan berkumpulnya orang banyak yang umumnya diselenggarakan ketika ada upacara adat maupun upacara keagamaan yang dilangsungkan serentak dan dengan acara yang cukup meriah.

Dalam keputusan Presiden tersebut juga tertuang untuk tetap membatasi diri dalam kegiatan aktivitas apapun yang berhubungan dengan peringatan hari keagamaan yang dalam hal ini adalah hari raya Waisak, yang mengakibatkan berkumpulnya orang banyak. Hal ini berlaku pula bagi perayaan Misa dalam memperingati kenaikan Isa Almasih, terlebih masa berlaku PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di Kota Bandung mulai 20 Mei 2020 diperpanjang menjadi hingga tanggal 29 Mei 2020. Dan dalam rentang waktu tersebut, perayaan apapun yang berhubungan dengan perkumpulan banyak orang untuk sementara ditiadakan terlebih dahulu.

Menjelang hari raya Kenaikan Isa Almasih 21 Mei 2020 nanti, Ansell mengucapkan selamat merayakan hari raya Kenaikan Isa Almasih, semoga kasih-Nya turut serta mendampingi kita selalu.

Ansell….. for your better farming~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *