Water stunner adalah suatu metode pemingsanan hewan sebelum disembelih. Ini menyederhanakan proses penyembelihan terutama dalam skala besar. Ada beberapa metode pemingsanan di antaranya, pemingsanan mekanis, pemingsanan
listrik, pemingsanan angin dan pemingsanan air.

Ayam yang akan dipotong dalam skala banyak akan dibawa dari pusat pemeliharaan ke pabrik dan kakinya digantung (diikat pada mesin yang bergerak otomatis). Ayam akan melalui proses kejut listrik sebelum disembelih dengan kekuatan kejut.

Seorang penyembelih ayam yang beragama Islam dan terlatih akan menyembelih ayam-ayam yang lewat di depannya dengan menggunakan pisau yang tajam. Kemudian ayam akan didiamkan selama kurang lebih 5 menit sebelum direbus untuk memastikan

ayam sudah mati dan darahnya benar-benar keluar.Pada saat ini, seorang pekerja akan memeriksa leher ayam untuk memastikan bahwa urat tenggorokan dan mari’ telah dipotong dengan sempurna. Jika ternyata ayam tersebut tidak dipotong dengan benar, maka ayam tersebut akan dipisahkan dan tidak akan dijual karena tidak halal.

Menfaat dari Stunning dan kenapa stunning Dibenarkan diantaranya :
1. metode stunning dapat memudahkan dan mempercepat proses penyembelihan. Ia juga dapat menyelesaikan masalah kekurangan/minus dari ayam tersebut dan pengeluaran daging halal dalam pasaran.
2.metode ini dapat meminimalisir kecederaan pada hewan, sekaligus meningkatkan mutu daging yang disembelih.
3. Mencegah hewan dari penyiksaan atau pemingsanan dengan cara yang lebih berat daripada stunner.