Salah satu tahapan penting dalam pemeliharaan ayam adalah pengontrolan suhu kandang secara teratur. Ayam harus selalu berada dalam keadaan suhu yang stabil sesuai dengan kebutuhannya untuk menghasilkan produksi ayam yang baik dan unggul. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka dapat di buat alat kontrol otomatis dan monitoring suhu kandang dari jarak jauh. Alat yang di buat memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) dengan sistem kontrol Arduino Uno, alat ini akan bekerja saat sensor LM35 mendeteksi suhu kandang dan hasil pendeteksian sensor akan ditampilkan pada LCD 2.4” Tft Shield, apabila suhu kurang dari set poin yang ditentukan maka relay akan menghidupkan heater dan sebaliknya apabila suhu diatas set poin maka relay akan mematikan heater. Selain itu, alat ini dilengkapi sistem monitoring menggunakan aplikasi thingspeak untuk pemantauan jarak jauh dengan modul NodeMCU esp8266 yang digunakan sebagai koneksi jaringan internet (wifi). Dari penelitian yang telah dilaksanakan bahwa alat kontrol otomatis dan monitoring suhu kandang ayam dengan memanfaatkan teknologi internet of things (IoT) telah berhasil di buat dan bekerja dengan baik sesuai program yang di setting.

Salah satu alatTemptron yang umum dipakai pada kandang close house di indonesia adalah temptron produk dari agrologic yaitu temptron 304, 304 D, serta 607 a-c. Untuk lebih lanjut akan saya jelaskan satu persatu type nya. Temptron 304 adalah mikrokontroler pengatur suhu dan kelembaban dalam kandang ayam. Dalam hal ini temptron mengatur otomatis nyala dan mati secara bergantian 3 kipas blower dan 1 pendingin atau celldeck. Suhu dan kelembaban temptron diatur sesuai dengan standard suhu dalam kandang Temptron 304 D yaitu alat pengotrol kelembaban dan suhu sama halnya seperti temptron 304, namun yang membedakan pada temptron 304 D memiliki sensor suhu dan kelembaban.

Temptron 607 a-c yaitu alat sebagai mikrokontroler suhu dan kelembaban udara . Temptron 607 a-c disini dapat mengatur 5 kipas blower 1 pendingin dan 1 pemanas.