Kandang  merupakan komponen penting dalam pemeliharaan ayam sebagai sarana dalam menjalani kehidupannya. Dalam perkembangannya, model perkandangan yang secara umum dikenal 2 jenis yaitu kandang terbuka (open house/OH) dan kandang tertutup (closed house/CH) terus mengalami perbaikan dalam hal adopsi teknologi.

Kandang modern memiliki karakteristik yaitu membutuhkan proses modern melalui manufaktur. Namun dalam kondisi tertentu, sebagai contoh perkandangan open house di atas 600 dpl merupakan ketinggian yang sudah cukup bagus, sehingga tidak perlu juga closedhouse.

Kemudian karakteristik closed house ini adalah memiliki kapasitas tinggi dibandingkan open house. Kalau open house itu populasinya berkisar antara 4.000 – 5.000 ekor paling banyak 7.000 ekor kemudian kondisinya pendek-pendek. Sedangkan di closed house untuk broiler (ayam pedaging) sekarang isinya rata-rata per kandang 21.000 ekor per lantai.

Selain itu, kandang modern memiliki karakteristik menggunakan biaya dan kalkulasi tertentu agar performa ayam jauh lebih baik dibandingkan yang open house atau tradisional. Juga menggunakan otomatisasi seperti tempat makan, tempat minum, dan sistemventilasi. Kandang modern ini terukur sehingga efisiensinya tinggi. Kalau dulu di broiler luas 1 m2 diisi 8 ekor sekarang bisa 15 ekor per m2. Kalau yang pakai cages bisa sampai 50 kg per m2. Kalau di lantai mungkin masih 30 kg per m2.

Yang paling penting di closed house adalah tipe peralatan atau kan- dangnya mau seperti apa serta komoditasnya harus jelas apakah broiler, breeder atau layer. Juga sistem ventilasi karena kandang tertutup perhitungannya jangan sampai salah yang akhirnya akan menjadi masalah.

 

Pentingnya Efisiensi

Hukum bisnis saatini adalah perusahaan yang miliki efisiensi tinggi yang akan tetap bisa bertahan dan menang , efisiensi yang dimaksud adalah HPP (Harga Pokok Penjualan).

Dalam sistem manajemen pemeliharaan ayam,baik broiler ataupun layer,efisiensi tinggi didapatkan dari mortalitas/kematian rendah; FCR (rasio konversi pakan) yang rendah; bobot ayam dirata-rata target ataupun lebih tinggi dari target(broiler). Juga biaya operasional yang rendah. Mulai dari mendesain sebuah kandang misalnya closedhouse. Agar memiliki biaya operasional yang rendah harus mengikuti pakem ukuran tertentu misalnya kandang sesuai standardisasi 12 x 120 m2 atau 10 x 100 m2 (2 lantai).

Guna mencapai efisiensi yang tinggi, faktor yang bisa dilakukan peternak adalah menggunakan sistem kandang ayam modern baik closed house full automatic ataupun closed house manual.

Faktor yang mempengaruhi efisiensi juga adalah manajemen yang berkualitas. Artinya, sebagus apapun kandang yang dimiliki tanpa manajemen yang bagus akan sulit untuk mencapai efisiensi tinggi. Kenapa di teknologi modern ini peternak harus buat closedhouse, harus update, manajemen harus baik untuk mencapai efisiensi tinggi karena pada saat peternak mendapatkan pakan dan DOC (ayam umur sehari) yang kualitasnya kurang bagus itu diluar kemampuan mereka.

Jika open house mendapatkan kualitas pakan dan DOC yang kurang disitulah peran closedhouse dan manajemen sangat penting. Makanya yang harus dilakukan peternak mengunci untuk arah efisiensi.

Tuntutan Genetik Ayam

Sebagai fondasi perkandangan modern adalah harus mengadaptasi perkembangan ayam modern seperti broiler yang memiliki tuntutan genetik. Broiler modern memiliki potensi genetik yang hanya bisa dicapai dengan tingkat pemeliharaan atau lingkungan tertentu untuk pemeliharaan pembesarannya. Seiring dengan genetik yang ada kita menghadapi banyak faktor. 2 faktor kunci adalah peternak harus terus menerus menekankan produktivitas dan menekan sisi potensi kerugian yang ada.

PT Ansell Jaya Indonesia adalah perusahaan yang menyediakan peralatan dan pelayanan terbaik di industry peternakan. Salah satunya kebutuhan kendang Broiler, juga produk produk lain seperti menyediakan kebutuhan peralatan peternakan modern untuk Breeder, Layer/Pullet, dan peralatan lainnya seperti Control Management, Silo, MagFan, Manure management, slaughtering house, ventilation system, Hatchery, Lubing Drinking System, Egg Packer, Grader dan masih banyak lagi.

Berbagai macam peralatan yang disediakan Ansell terjamin memiliki kualitas terbaik.

Untuk pertanyaan lebih lanjut bisa menghubungi :

Instagram        : https://www.instagram.com/anselljayaindonesia
Facebook         : https://www.facebook.com/anselljaya

Visit                : http://anselljaya.com

Tiktok              : https://www.tiktok.com/@anselljaya?lang=id-ID

Juga customer service kami PT Ansell Jaya Indonesia : 0821-2660-1645

Source : http://www.majalahinfovet.com/2018/03/optimalisasi-kandang-closed-house-untuk.html

http://troboslivestock.com/detail-berita/2021/04/01/28/14337/teknologi-kandang-ayam-modern

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *